News
Terapkan Efisiensi Dalam Bisnis Untuk Meningkatkan Performa
ICT

Kunci utama kesuksesan suatu bisnis di era digital yang kian gesit ini, bukan lagi mengandalkan suatu produk atau layanan yang diberikan kepada customer. Melainkan efisiensi proses bisnis lah yang menjadi “jantung” dari kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis atau perusahaan di era digital.

 

Langkah pertama dari proses bisnis yang efisien dan dapat memberikan kesuksesan dan keuntungan adalah dengan;

MENCIPTAKAN LANDASAN YANG KUAT

Langkah awal ini melibatkan pemahaman visi, misi, dan nilai utama dari perusahaan Anda, yang diikuti dengan memahami tujuan bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini diperuntukkan agar proses bisnis yang sedang diimplementasikan berjalan dengan efektif.

 

MENERAPKAN METODE KYC, ATAU KNOW YOUR CUSTOMER.

Walaupun istilah ini lebih sering digunakan dalam bisnis perbankan atau bank untuk mengetahui identitas pelanggan secara detail, namun metode ini juga dapat diterapkan dalam implementasi proses bisnis yang efisien. 

Sesuai dengan namanya, langkah ini diperuntukkan agar perusahaan dapat memahami preferensi, kebutuhan, dan perilaku pelanggan dengan lebih baik. Pengumpulan informasi pelanggan juga dapat dilakukan dengan data analitik dan alat pemantauan digital.

Dengan menggunakan metode ini, perusahaan dapat merancang proses bisnis yang efektif dan efisien dalam menawarkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

MANFAATKAN TEKNOLOGI AUTOMATISASI. 

Dengan menggunakan alat dan perangkat lunak automatisasi yang tepat untuk efektifitas proses bisnis, perusahaan dapat menghemat waktu dan sumber daya dalam mengerjakan pekerjaan rutin dan administratif. Salah satu contoh automatisasi adalah dengan menggunakan CRM (Customer Relationship Management), alat ini akan mempermudah perusahaan untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang efisien dan baik dengan pelanggan.

 

MENGHUBUNGKAN BERBAGAI SISTEM.

Sistem dan platform seperti sistem manajemen inventaris, sistem pembayaran, dan platform toko online, harus dintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengefektifan proses bisnis, karena dengan integrasi sistem dan platform perusahaan yang baik dapat mengurangi kesalahan, meningkatkan Kerjasama tim, dan meningkatkan visibilitas operasi bisnis.

 

ADOPSI TEKNOLOGI TERKINI. 

Di era digital seperti saat ini, banyak teknologi seperti Artificial Intelligence atau biasa disebut AI (kecerdasan buatan), analitik data, dan Internet of Things (IoT) yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan agar dapat membantu proses Analisa data yang rumit, pengambilan Keputusan, dan juga meningkatkan efisiensi operasional dengan cara mengintegrasikan perangkat dan sistem yang digunakan.

 

OPTIMASI DAN PENGUKURAN.

Tanpa pengukuran dan optimasi, proses bisnis bagaikan mobil tanpa speedometer dan GPS - Anda tidak bisa tahu seberapa efisien Anda atau area mana yang perlu ditingkatkan. Namun dengan metrik yang relevan dan alat pemantauan yang tepat, Anda dapat terus melacak kinerja dan mengidentifikasi peluang perbaikan.

 

KESIMPULAN

Di era digital yang berkembang dengan pesat ini, perusahaan dituntut untuk melakukan efisiensi pada proses bisnis. Dengan cara seperti; pahami pelanggan, adopsi teknologi, dan optimalkan alur kerja untuk keunggulan kompetitif dan kesuksesan berkelanjutan. 

 

Penasaran bagaimana ICT dapat Merapkan Efisiensi Dalam Bisnis Untuk Meningkatkan Performa? silakan email ke: marketing.communication@infracom-tech.com

#ICT #InfraComTechnology #SolutionsGoBeyond #ICTSolutions #ITSolution
#DigitalEra #EfisiensiProsesBisnis #teknologiterkini

Written By : Marketing Communication ICT | Published : 20/JUN/2024
 

share
ICT
As an integrated group, our strategies are designed
to meet the challenges of today and tomorrow.
Combining values in order to build competitive
solutions tailored to meet each customer needs.
PT InfraCom Technology

GRHA INFRACOM
Jl. Tanah Abang II no. 46
Jakarta 10160, Indonesia

+62 21 39717888 / +62 811-1-CALL-ICT
marketing.communication@infracom-tech.com

QMS1001269

ISMS 1001349

QMS1001269

ISMS 1001349

follow us on